Kekalahan Obor Mas Buktikan Wartawan Tidak Dapat Digugat Atau Dipidana Ketika Menjalankan Profesi

Dibaca 1.0K kali Reporter : ** verified

SIKKA, faktahukumntt.com – 26 November 2021

Ada preseden yang menarik untuk dunia pers NTT khususnya kota Maumere bahwa tidak mudah seorang insan pers dimintai pertanggungjawaban hukum baik perdata maupun pidana ketika menjalankan profesi kewartawanan.

Justru sebaliknya ketika ada oknum yang menghalang- halangi seorang wartawan yang sedang menjalankan profesi kewartawanan bisa dipidana.

Dalam Pasal 4 ayat (2) UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers dijelaskan terhadap pers nasional tidak diperkenankan penyesoran, pembredelan atau larangan penyiaran. Kerja wartawan adalah mencari berita lalu mengolah, mengedit kemudian menyajikannya kepada pembaca, pendengar serta pemirsa dengan sadar dan bertanggungjawab.

Terkadang pihak- pihak tertentu yang merasa terganggu dengan pemberitaan pers lalu mengancam bahkan sampai memukul insan pers agar berhenti atau jangan terlalu keras menulis berita. Sekarang kembali kepada nurani dan etika dari para kuli tinta ini mau pemberitaan tetap obyektif agar pesan pemberitaannya tersampaikan atau diam dengan fakta materiil yang ada di depan matanya.

ads