Gerindra Sikka; Tidak Ada Alasan Pemerintah Batalkan Pembahasan 3 Ranperda Inisiatif

Dibaca 869 kali Reporter : Wyliam Ch verified

Fraksi Gerindra kabupaten Sikka

SIKKA.faktahukumntt.com – 1 September 2021

Fraksi partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) kabupaten Sikka dalam pemandangan umum fraksi Selasa (31/08/21) di ruang paripurna DPRD kabupaten Sikka melalui anggota fraksi Fabianus Toa menegaskan bahwa tidak ada alasan bagi pemerintah untuk menunda pembahasan rancangan peraturan daerah inisiatif DPRD kabupaten Sikka.

Menanggapi pendapat pemerintah atas usulan tiga buah rancangan peraturan daerah inisiatif DPRD kabupaten Sikka tahun 2021 fraksi Gerindra menilai tiga buah Ranperda Inisiatif DPRD Sikka sangat urgen melihat perkembangan kondisi hari ini.

Tiga buah Ranperda Inisiatif DPRD kabupaten Sikka antara lain;
1. Ranperda tentang penyelenggaraan pendidikan Gerindra menilai bahwa urusan pendidikan dasar, PAUD dan pendidikan non formal yang oleh pemerintah pusat sesuai dengan regulasi yang berlaku, memberikan kewenangan kepada kabupaten untuk menyelenggarakannya adalah menjadi suatu tanggung jawab yang harus ditindaklanjuti bersama pemerintah dan DPRD.

Baca Juga :  Sikka Waspada, Ada Modus Penipuan Terbaru Berkedok Kelebihan Transfer Uang Ke Penjual

Sehingga kehadiran Perda ini menurut Fraksi Gerindra bisa lebih fokus bagi pemerintah menyelenggarakan pendidikan dasar sesuai kewenangannya untuk mencerdaskan anak anak Sikka yang lebih berkualitas.

2. Ranperda tentang Sistem Kesehatan Daerah.
Menurut Gerindra rujukan hukum Ranperda ini adalah Perpres no 72 tahun 2012 tentang sistem kesehatan Nasional, terdapat tujuh subsistem yang substansial diatur dalam Perpres diantaranya: Upaya Kesehatan, sumberdaya manusia kesehatan, ketersediaan Farmasi, alat kesehatan dan makanan.

Sehingga menurut Gerindra Sikka perlu diatur dalam sebuah Perda agar penanganan kesehatan fokus pada tujuh subsistem yang berdaya guna dan berhasil guna sebagai peningkatan dan pemenuhan hak atas derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya.

Baca Juga :  FKIP Unipa Gelar Yudisium, Dekan FKIP: Para Lulusan Unipa Indonesia Sudah Siap Menghadapi Dunia Kerja

3. Ranperda tentang Penyelenggaraan Menara Telekomunikasi.

Menurut Gerindra keberadaan Ranperda ini substansi pengaturan akan mengarah pada tiga hal yaitu penataan bangunan menara telekomunikasi yang sesuai dengan estetika tata kota dan penataan persebaran menara telekomunikasi di wilayah Kabupaten Sikka, perlu adanya upaya terpadu dalam mencegah dan mengendalikan dampak negatif dari pembangunan menara telekomunikasi, adanya Perda ini mempertegas kewajiban penyedia layanan telekomunikasi yang selama ini masih ada yang terabaikan.

Sehingga fraksi Gerindra menilai Pemerintahan Robi-Romanus tidak boleh menegasikan usulan pembahasan tiga buah Ranperda ini.

Baca Juga :  Ketua Komite I DPD RI : DOB Manokwari Barat Papua Barat dan Kabupaten Yaffi Papua Wajib Kita Mekarkan

Sehingga fraksi Gerindra tetap pada prinsipnya bahwa tiga buah Ranperda ini harus dibahas dan ditetapkan pada masa sidang ini karena telah melalui proses yang panjang dengan tidak sedikit anggaran yang sudah dikeluarkan.

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment