KOTA KUPANG, FaktahukumNTT.com,- 30 Maret 2023

Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas Pertanian menyiapkan berbagai langkah strategi mengantisipasi musim kemarau di bulan april mendatang. Dinas pertanian tengah menyiapkan tanaman yang lebih adaptif terhadap kekeringan.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT, Lucky F. Koli, mengatakan, kekeringan bukan merupakan hal baru bagi para petani. Pasalnya, masyarakat yang berprofesi sebagai petani sudah memiliki daya adaptasi terhadap perubahan iklim dan cuaca yang terjadi.

“Karena kemarau itu di bulan April, maka kita akan manfaatkan musim tanam dua untuk mengisi produksi dengan jenis tanaman yang lebih adaptasi terhadap kekeringan,” jelas Lucky, Kamis 30 Maret 2023 di Kupang.

Dia menjelaskan, pemerintah juga mempersiapkan skema, yaitu menyarankan petani untuk menanam kacang kacangan, terutama kacang hijau, kelor, sorgum dan jagung. Hal ini dikarenakan tanaman holtikultura ini komunitas ini tahan terhadap kekeringan dan juga membantu ekonomi masyarakat karena menggunakan sedikit air tetapi bisa menyediakan pangan sekaligus ekonomi.

Lucky menjelaskan, yang disiapkan pemerintah tentu akan menyesuaikan dengan kondisi masyarakat. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan sarana yang dibutuhkan petani untuk percepatan panen.

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.